JL. Jenderal A Yani Meral, Tg. Balai Karimun - 29164
Home / Media
blog-img

Binjas Oranye Marine Customs

Admin Web BC PSO TBK | 16/02/2024

Binjas Oranye Marine Customs


Ditulis oleh : Rizka Fahrudin .A

Dalam kondisi pekerjaan yang sangat padat dan cuaca belakangan ini  yang tidak dapat diprediksi, kegiatan fisik seringkali diabaikan. Terkadang kita juga tidak mempedulikan bagaimana cara mengatur kondisi fisik kita masing-masing. Maka dari itu, pentingnya bina jasmani tidak boleh diremehkan. Bina jasmani merupakan serangkaian aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan.

 

 

 

Pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Khusus Kepulauan Riau dan Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai karimun memiliki jadwal Bina Jasmani atau yang biasa kita sebut Binjas pada hari Selasa. Dimana jadwal tersebut tidak ada di kantor kantor Bea dan Cukai lainnya. Binjas Selasa ini juga memiliki ciri khas yaitu Mengenakan seragam berwana oranye yang menandakan ciri khas dari Marine Customs.

Binjas Selasa ini dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas bekerja pada hari tersebut. Diawali dengan melakukan pemanasan bersama sama lalu dilanjutkan lari pagi mengelilingi komplek kantor. Selain itu  ada yang berbeda dari kantor-kantor lainnya saat melakukan lari pagi, beberapa pegawai membawa senjata sebagai sarana untuk meningkatkan kekuatan fisik dan juga kilas balik merasakaan sperti saat  melakukan Pelatihan Kesamaptaan yang pernah diikutinya.

Aktivitas yang dilakukan saat kegiatan binjas ini tidak hanya membantu menjaga berat badan yang ideal, tetapi juga memiliki manfaat jangka panjang untuk kesehatan mental dan emosional demi menunjang tugas sebagai abdi negara. Ada juga penelitian yang mengatakan bahwa orang yang rutin berolahraga cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah, sehingga dapat menjalani kehidupan dan menjalankan tugas dengan maksimal.

Tujuan diadakan Binjas Selasa ini juga sebagai sarana para pegawai saling berinteraksi sehingga meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa. Dimana saat binjas kita juga dapat mengetahui informasi yang mungkin kita belum ketahui di lingkungan pekerjaan kita.

Bagi banyak orang, kesibukan sehari-hari sering menjadi alasan untuk mengabaikan aktivitas fisik. Namun, dengan sedikit perubahan dalam pola pikir dan penjadwalan yang telah ditetapkan oleh pimpinan terdahulu, Binjas ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas kehidupan para pegawai untuk menyempatkan diri untuk menjaga kondisi fisik yang prima.

Penting untuk diingat kembali bahwa Binjas ini bukan hanya tentang mencapai tubuh yang "sempurna" secara fisik saja, tetapi tentang meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kita dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan menikmati manfaat kesehatan yang berkelanjutan.


 

Bagikan Ke: